Sebanyak 41 Mahasiswa Ikuti Training Center Seleksi Tim Unpad untuk MTQ Mahasiswa Nasional

4 05 2011

[Unpad.ac.id, 3/05/2011] Setelah melalui proses seleksi dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Universitas Padjadjaran pada Desember 2010 lalu, sebanyak 41 orang mahasiswa yang terpilih diberikan pembinaan dalam Training Center (TC) Calon Kafilah MTQ Unpad 2011, di Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) Lembang, Jumat (29/04). Pembinaan tersebut berlangsung selama tiga hari dan dilakukan secara langsung oleh para dewan hakim MTQ Unpad.

Meski dalam lomba MTQ di tingkat universitas sebelumnya sudah diumumkan para pemenang lomba tersebut, hasil itu tidak serta merta menentukan pendelegasian mereka untuk mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional yang dijadwalkan untuk digelar di Makassar Juli 2011 mendatang.

Dalam TC Calon Kafilah MTQ Unpad itu, para peserta selain dibekali dengan materi dan latihan yang diperlukan, juga diharuskan menunjukkan performa terbaiknya. Selama tiga hari di Balitsa, para calon kafilah itu ditempa dengan latihan yang intensif, pada pagi, siang, bahkan malam hari.

Setiap harinya, setelah melakukan shalat dan tadarus secara bersama-sama, mereka berolah raga dan melakukan senam pernapasan. Senam pernapasan ini tentu saja sangat penting terutama bagi peserta cabang lomba yang mengandalkan suara (tilawah). Biasanya, latihan dan pembinaan baru berakhir pada pukul 10 malam.

Ditemui di sela-sela pembinaan, Ketua Dewan Hakim MTQ Mahasiswa Unpad, Dr. H. Fahmy Lukman, M.Hum., membenarkan bahwa seleksi untuk delegasi MTQ MN kali ini memang semakin diperketat. Hal itu menurutnya perlu dilakukan untuk memastikan kualitas para peserta yang mewakili Unpad. Adapun tentang perlunya training center, Fahmy menjelaskan, “TC ini perlu untuk menumbuhkan kebersamaan dan kemampuan mereka bekerja dalam kelompok.”

Bila saat seleksi di tingkat universitas para peserta mewakili fakultas masing-masing, di TC ini mereka sudah dilebur. “Mereka sekarang tidak mewakili fakultas masing-masing, melainkan Unpad,” sebut Fahmy.

Pada hari terakhir pembinaan mereka (01/05), para peserta diharuskan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Penampilan mereka itu akan menentukan terpilih atau tidaknya mereka untuk mewakili Unpad dalam ajang nasional tersebut. Hal ini berlaku bagi kesebelas cabang perlombaan yang dilombakan dalam MTQ MN.

Hasil dari seleksi yang dilakukan pasca pembinaan ini masih dirahasiakan dewan hakim. Nantinya orang-orang yang terpilih diharuskan untuk mengikuti TC lanjutan untuk pembinaan dan pelatihan. Dengan begitu, calon kafilah Unpad diharapkan memiliki bekal yang mantap dan siap memukau dengan penampilan mereka di MTQ Mahasiswa Nasional di Makassar Juli mendatang.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: