Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Young Leaders for Indonesia 2011

10 05 2011

[Unpad.ac.id, 9/05/2011] Dua orang mahasiswa Unpad berkesempatan mengikuti kegiatan Young Leaders for Indonesia (YLI) Gelombang III yang diselenggarakan oleh McKinsey, sebuah perusahaan konsultan besar di Asia. Mereka adalah Muhammad Sayyidi (Faklutas Teknik Geologi) dan Arif Irvan (Fakultas Ekonomi). Keduanya berhasil lolos seleksi yang diikuti sekira 1.000 mahasiswa se-Indonesia dengan memenuhi berbagai persyaratan, antara lain adalah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3,30 atau mahasiswa berprestasi, aktif di kegiatan ekstrakulikuler dan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik.

 Sebagian peserta Young Leaders for Indonesia 2011 *

Young Leaders for Indonesia 2011  sendiri merupakan program workshop pemuda tingkat nasional yang yang dirancang untuk membahas kesempatan, tantangan, dan sumbangsih nyata sebagai pemimpin masa depan. Diharapkan melalui kegiatan ini, para pemuda Indonesia yang terseleksi tersebut akan membawa perubahan bagi Indonesia. Penyelenggaraan YLI 2011 kali ini diikuti oleh 60 mahasiswa terpilih dari berbagai universitas di Indonesia. Baru pada penyelenggaraan tahun ini delegasi Unpad hadir sebagai peserta.

Bentuk kegiatan YLI 2011 yang mengambil tema besarnya “Unleash Indonesia” ini adalah pelatihan, yang bertujuan memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam kemampuan kepemimpinan, problem solving, lead team, dan kontribusi untuk di masa mendatang. YLI 2011 ini terdiri dari tiga rangkaian acara yang berlangsung selama enam bulan.

Rangkaian pertama acara ini dilaksanakan pada  26-27 Februari lalu di Hotel Borobudur, Jakarta.  Pelatihan pertama ini bertajuk “Lead Self” yang menghadirkan beberapa pembicara seperti, Martha Tilaar (Founder Martha Tilaar Group), Handry Satriago (CEO Global Energy Indonesia), Ananda Siregar (Owner Blitz Megaplex), dan Kuntoro Mangkusubroto (Head of Presidential Work Unit for Development Supervision and Control (UKP4)) yang memberikan banyak inspirasi dan motivasi kepada peserta. Pada forum pertama peserta diberikan tugas membuat PLP (Personal Leadership Project) yaitu membuat program individual yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, forum kedua dilaksanakan pada 30 April -1 Mei yang lalu di tempat yang sama. Pertemuan ini memiliki tema “Lead team” yang mengarah pada kegiatan tim. Pembicara pada forum kedua ialah Sudirman Said (Kepala ICS Pertamina dan Indika Energy), beberapa General Manager dari berbagai perusahan dan beberapa konsultan McKinsey. Berbeda dengan forum pertama, pada forum kali ini peserta akan diberi tantangan per kelompok untuk memegang dan menangani perusahaan dan beberapa instansi selama tiga bulan, diantaranya United Tractor, Samsung, Holcim, Indonesia Mengajar, Go-Jek, Indonesia Setara, UKP4, dan lain-lain.

Setiap kelompok diberi permasalahan yang berbeda-beda. Pada kelompok yang diikuti Muhammad Sayyidi yang tergabung di perusahaan United Tractor, para peserta diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dan mampu menaikkan etos kerja dari perusahaan yang memiliki lokasi di Kalimantan tersebut. Hal ini berbeda dengan kelompok Samsung yang mendapat tantangan terkait penyelenggaraan dan mekanisme recruitment fresh graduate Samsung.

Dengan ikutsertanya Muhammad Sayyidi dan Arif Irvan pada acara YLI 2011 ini, diharapkan mereka dapat mengembangkan hubungan dan jejaring dengan banyak pihak. “Adanya jejaring YLI pun dapat mengakomodasi kepentingan untuk senantiasa mengembangkan hubungan kerjasama dalam bidang program pembangunan secara berkelanjutan.  Dalam konteks sosial masyarakat, program ini pula akan memberikan kesempatan bagi delegasi yang terlibat untuk menjadi pemicu (trigger effect) bagi pengembangan masyarakat Indonesia,” jelas Muhammad Sayyid. Sementara itu, ia juga menambahkan bahwa forum ketiga rencananya akan digelar pada 2-3 Juli mendatang di tempat yang sama. (


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: