Pelajar SMAN 3 Kota Bekasi Kunjungi Unpad

10 05 2011

[Unpad.ac.id, 10/05/2011] Saat penerimaan mahasiswa baru seperti sekarang ini, perguruan tinggi banyak disibukkan dengan aktivitas penyampaian informasi kepada para calon mahasiswa baru mereka. Begitu pun dengan Unpad, yang setiap tahunnya berdasarkan jumlah peminat termasuk dalam perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Weny Widyowati saat menjelaskan proses seleksi dan program studi yang ada di Unpad (Foto: Tedi Yusup)*

Tingginya minat pelajar melanjutkan studi ke perguruan tinggi membuat mereka tak segan mencari tahu seperti apa proses penerimaan mahasiswa baru di Unpad. Hal ini setidaknya terlihat saat kurang lebih 360 pelajar kelas XII SMAN 3 Kota Bekasi bersama sejumlah gurunya mengunjungi kampus Unpad dan diterima oleh Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos, MSi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (10/05).

Salah seorang pelajar menanyakan surat dari sebuah politeknik yang namanya mirip dengan Universitas Padjadjaran, dan menyatakan pelajar tersebut telah “diterima tanpa tes” melalui program PMDK ke politeknik tersebut. Sambil menunjukkan surat tersebut, pelajar itu menanyakan kaitan antara politeknik tersebut dengan Unpad.

“Ada dua sistem penerimaan yang dilakukan Unpad. Pertama, melalui  seleksi bersama seluruh perguruan tinggi negeri  dengan nama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, seleksi mandiri oleh Unpad dengan nama Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP),” jelas Weny sambil menegaskan Unpad tidak mengelola politeknik.

Unpad, lanjut Weny, memiliki 16 fakultas dan program pascasarjana. Jenjang pendidikannya meliputi program doktor (S-3), magister (S-2), sarjana (S-1), program Diploma IV dan Diploma III. Program studi yang ada di Unpad serta proses seleksinya bisa dilihat secara lengkap melalui website www.smup.unpad.ac.id dan www.snmptn.ac.id. Pada kesempatan itu, Weny pun menjelaskan proses pendaftaran dam seleksi kepada para pelajar tersebut.

Salah satu hal yang ditegaskan oleh Weny adalah seleksi program S-1 SMUP tahun ini akan menggunakan hasil ujian SNMTPN sehingga tidak ada lagi ujian tertulis SMUP secara terpisah. “SMUP tahun ini dipermudah dengan cukup satu kali mengikuti ujian, yaitu ujian SNMPTN. Selain biaya lebih murah, hal ini juga membantu calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Unpad tetapi berada di tempat jauh. Mereka tidak harus datang ke Bandung, cukup hasil ujian SNMPTN yang dipakai sebagai acuan penerimaan,” imbuh Weny menjawab pertanyaan Alivia, siswa jurusan IPA tentang perbedaan SMUP 2011 dengan SMUP sebelumya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 3 Kota Bekasi, Dra. Juni Tri Astuti, mengatakan, pihaknya sengaja membawa para pelajar ke Unpad untuk mengetahui lebih detail tentang proses seleksi dan program studi yang ada sehingga mereka tidak salah dalam memilih program studi nantinya.

“Dengan berkunjung, nantinya pelajar diharapkan lebih paham karena melihat Unpad secara lebih dekat, yang nantinya bisa dipakai acuan dalam menentukan pilihan, jurusan apa yang akan diambil,” ujar Juni.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: