Unpad dan Riken Jepang Perpanjang Periode Kerja Sama

10 05 2011

[Unpad.ac.id, 10/05/2011] Dalam rangka meningkatkan kerja sama dalam bidang akademik dan penelitian, Unpad bersama dua perguruan tinggi di Indonesia lainnya yaitu ITB dan ITS melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Physical and Chemical Research Institute (Riken) Nishina Center, Jepang. Penandatanganan MoU ini telah dilakukan di Nusa Dua Bali pada 27 April 2011 lalu.

Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi., M.Sc. (paling kanan) usai menandatangani MoU dengan Riken Jepang bersama ITB dan ITS *

Hadir pada saat penandatanganan MoU tersebut adalah Director Riken Nishina Center Dr. Hideto En’yo, Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA. dan Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama Unpad Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi., M.Sc., yang mewakili Rektor Unpad, Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti Prof. Achmad Jazidie, Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, MS., serta Dekan FMIPA ITS Dr. Triwikantoro.

MoU yang ditandatangani pada kesempatan ini adalah piagam kerja sama untuk periode kedua untuk tahun 2011-2014. Seperti halnya MoU periode pertama dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2011, MoU kali ini juga berisi empat hal utama. Pertama, membangun proyek riset kerja sama  yang meliputi pula penggunaan fasilitas penelitian RIKEN-RAL di Inggris. Kedua,  menyelenggaraan kegiatan akademik seperti konferensi, simposium, workshop dan technical meeting. Ketiga, melakukan pertukaran peneliti dan mahasiswa serta keempat melakukan pembimbingan bersama mahasiswa pascasarjana dan mendorong kemajuan para peneliti muda.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa selama periode pertama, kerja sama antara Unpad dengan Riken sangat menonjol. Beberapa proyek penelitian bersama berhasil mendapatkan berbagai hibah penelitian baik dari dalam maupun dari luar negeri. Sedikitnya delapan publikasi international telah diterbitkan dibawah payung kerja sama ini.

Melalui MoU periode pertama dengan Riken ini, tim peneliti dari Jurusan Fisika FMIPA Unpad berhasil mendapatkan Hibah Penelitian Kerja sama Luar Negeri dan Publikasi Internasional dari DP2M DIKTI pada tahun 2009, mengirimkan satu orang dosen untuk mengikuti Program Recharging Academic (PAR) DIKTI untuk melakukan penelitian di Riken selama empat bulan di tahun 2010, dan Riken menerima satu orang mahasiswa Pascasarjana FMIPA Unpad untuk melakukan penelitian disertasi selama 3 tahun sejak Desember 2010 – Desember 2013. Selanjutnya mengawali MoU periode kedua, dua proyek penelitian bersama yang diajukan oleh Jurusan Fisika FMIPA Unpad telah disetujui untuk didanai oleh pihak Riken dan pelaksanaan penelitiannya akan  dilakukankan pada pertengahan tahun 2011 ini.

Upacara penandatanganan MoU ini merupakan acara pembuka dari kegiatan International Symposium on Functional Materials Science yang mengambil tema utama “The Development of Advanced Research on Materials Science in Indonesia”. Acara simposium internasional ini diorganisir oleh Jurusan Fisika FMIPA Unpad, ITS, ITB dan Riken Nishina Center serta di dukung pula oleh Dikti.

Sebanyak 13 pembicara tamu dari Jepang, Inggris, Malaysia dan Singapura dan 70 orang peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, berbagi informasi tentang penelitian yang sedang dan akan dilakukan. Selain bertukar informasi tentang penelitian, simposium kali ini juga bertujuan untuk menciptakan jalinan kerja sama baru yang melibatkan lebih banyak peneliti di Indonesia dengan peneliti dari luar negeri.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: