Delegasi 10 Universitas dari AS Jajaki Kerja Sama dengan Unpad

14 11 2011

University Professional and Continuing Education Association-Global Associates Knowledge Network (GA) bersama 10 delegasi dari universitas ternama di Amerika Serikat (AS) menyambangi Unpad untuk membicarakan kemungkinan kerja sama. Kedatangan mereka dalam rangka International Opportunity Development Trip 2011ini merupakan salah satu kelanjutan dari penandatanganan kerja sama AS – Indonesia oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden AS Barack Obama satu tahun silam.

Salah satu perwakilan universitas dari AS sedang mempresentasikan potensi kerja sama yang bisa dilakukan dengan Unpad (Foto: Lydia OA)*

Pertemuan itu digelar di Executive Lounge, Gedung 2 lantai 2, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa sore (9/11). Rombongan diterima langsung oleh seluruh para Pembantu Rektor, Sekretaris Senat Unpad, perwakilan fakultas dan dari program pascasarjana.

Adapun kesepuluh delegasi itu berasal dari Brown University, California State University-Long Beach, George Washington University, Kansas State University, LaSalle University, University of Massachusetts, University of Mississippi, San Diego State University, dan Syracuse University. Masing-masing dari mereka melakukan presentasi mengenai profil universitas, program-program studi dan tentang kemungkinan melakukan kerja sama lainnya seperti student ex-change, joint research, online program sampai dual degree programs.

“Ini merupakan kesempatan yang sangat baik sekali bagi kami. Kami tertarik untuk mencari mahasiswa-mahasiswa Indonesia (Unpad) untuk bisa ikut dalam program-program di universitas kami, seperti student ex-change. Sangat menyenangkan jika itu bisa terjadi,” ujar Dr. Jeet Joshee, dari California State University-Long Beach.

Ketua dari delegasi International Opportunity Development Trip 2011 ini, Brook W. Ross mengungkapkan bahwa misi kedatangan mereka adalah untuk memperbanyak program kemitraan dan kerja sama dengan universitas-universitas bertaraf internasional serta membantu bidang pendidikan tinggi di Indonesia secara umum. Brook sengaja membawa 10 delegasi yang diantaranya adalah wakil rektor dari masing-masing universitas untuk mencari potensi kemungkinan jalinan kerja sama.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik saya kira. Selama ini kita belum pernah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas di AS. Banyak mahasiswa kami (FEB Unpad) untuk master degree yang mungkin bisa diikutsertakan dalam kerja sama ini kedepannya,” ujar Pembantu Dekan FEB Unpad, Dr. Nury Effendi, SE., MA., saat sesi diskusi.

Sementara Pembantu Rektor Pembantu Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Pengawasan, Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc., Ph.D., mengatakan bahwa pertemuan ini layaknya “gayung bersambut” bagi Unpad karena sejalan dengan rencana internasionalisasi universitas sebagai salah satu misi Unpad.

“Paling baik memang dalam bentuk kerja sama, karena kita saling membutuhkan. Sekarang tinggal bagaimana kita merespon kesempatan ini. Setelah ini kita akan mempertemukan Dekan dari setiap fakultas untuk membicarakan hal ini. Selain dana dari mereka, kita juga bisa menyerap dana dari pemerintah kita terkait program kerja sama ini,” ungkap Prof. Tarkus.(unpad)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: