FH Unpad Borong Gelar Juara Business Law Competition di UI

14 11 2011

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unpad memborong gelar juara dalam The 2nd Business Law Competition 2011 yang digelar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), pada 29-31 Oktober 2011 lalu. Dari tiga kompetisi yang diselenggarakan yaitu Negotiation and Contract Drafting (Negosiasi dan Penyusunan Kontrak), Debate (Lomba Debat), dan Battle of Brain (Cerdas Cermat), 3 tim dari FH Unpad meraih juara pertama untuk masing-masing  kompetisi.

Para mahasiswa FH Unpad yang memborong gelar juara Business Law Competition 2011 di Universitas Indonesia *

Jones Bubun (2008) perwakilan dari tim Contract Drafting mengatakan bahwa tema besar yang diangkat untuk keseluruhan kompetisi adalah mengenai hukum perbankan. “Kami saat itu melakukan praktik negosiasi dan pembuatan kontrak penggabungan usaha (merger) Bank. Ada yang berperan sebagai para direksi, dan ada juga yang berperan sebagai lawyer,” cerita Jones saat ditemui di lobi rektorat, Gedung 1 Kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung, Rabu (10/11).

Jones kemudian mengatakan bahwa Penggabungan dua perusahaan memang bukan perkara mudah. Juri mengungkapkan bahwa memang proses negosiasi tidak segampang yang telah tim tampilkan. “Namun pada dasarnya, yang kami lakukan sudah mencerminkan proses negosiasi dan contract drafting. Sesuatu yang berbeda yang kami tampilkan adalah penggunaan aturan tentang monopoli aset,” jelas Jones.

Pada akhirnya, tim yang terdiri dari Jones Bubun, Dwina Octifani, Erasmus Abraham Napitupulu, Novita Ariesta, Hunaifa Mahmudah, dan Cristo Simamora ini berhasil menyisihkan tim tuan rumah dari Universitas Indonesia di posisi kedua, dan Universitas Atmajaya di posisi ketiga.

Sementara untuk Battle of Brain atau kompetisi Cerdas Cermat Hukum Bisnis, tim yang terdiri dari Liely Noor Qadarwati dan Anggi Prawitasari berhasil mengalahkan tim dari Universitas Indonesia (Juara II), dan Universitas Esa Unggul (Juara III). Liely mengatakan bahwa dalam kompetisi ini, peserta dituntut memiliki pengetahuan mengenai hukum bisnis, ketepatan, dan kecepatan. “Suasana tegang kami rasakan, karena harus berebut menjawab setiap pertanyaan. Walaupun sempat tertinggal jauh dari tuan rumah UI, kami berhasil mengumpulkan poin lebih banyak,” cerita Leily.

Pada kesempatan yang sama, Erasmus Abraham Napitupulu menyampaikan untuk Lomba debat, juara juga diraih tim yang terdiri dari Epafras Sehuldi Sitepu, Ericko Sinuhaji, dan Paulus Lubis. Tim dari FH Unpad dalam kompetisi ini berhasil menyisihkan Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya (Juara II), dan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan (Juara III). “Ini membuktikan bahwa mahasiswa FH Unpad tidak kalah bersaing dengan mahasiswa FH dari universitas lainnya. Unpad punya nama atas prestasi-prestasi yang semakin banyak diraih,” ungkap Erasmus, yang juga Ketua BEM FH Unpad.

Di FH Unpad sendiri, ada sejumlah klub yang telah dibentuk mengingat saat ini begitu banyak mahasiswa yang kemudian berminat mengikuti kompetisi-kompetisi. Seperti Law Debate Club (LDC), dan Economic Law Club (ELC). Erasmus menyampaikan bahwa , klub yang dibentuk dapat menjadi wadah para mahasiswa untuk bisa saling berdiskusi. “Mengenai dukungan, selama ini dukungan dari fakultas sudah baik. Namun dukungan moril lebih kami perlukan dalam hal ini, baik dari pihak fakultas maupun universitas” jelas Erasmus. Ia kemudian berharap dengan dukungan moril, semangat mahasiswa untuk dapat meraih prestasi dapat terus meningkat dan menjadikan mahasiswa menjadi lebih unggul lagi di berbagai kompetisi nasional, bahkan internasional. (unpad)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: