Gunakan Video Conference, Sidang Disertasi Unpad Hubungkan Bandung dengan California

6 12 2011

Untuk pertama kalinya, ujian naskah disertasi atau sidang Program Pascasarjana Unpad dilaksanakan dengan menggunakan teknologi video conference. Peristiwa ini terjadi pada Sidang Tertutup Program Pascasarjana Unpad dosen Jurusan Fisika FMIPA Unpad, Mohammad Taufik yang mengambil bidang ilmu MIPA-Fisika di Program Pascasarjana Unpad.

Pada sidang yang digelar pada Jumat (2/12) lalu di Gedung Pascasarjana Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, teknologi video conference dihadirkan untuk mempertemukan promovendus dengan salah satu promotornya, Prof. Dr. Taufik dari Department of Electrical Engineering & Director of Electric Power Institute, California Polytechnic State University,Cal Poly Amerika Serikat yang memang bermukim disana.

Di Unpad, sidang tersebut dihadiri dan dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., dengan sekretaris sidang, Pembantu Dekan I FMIPA, Prof. Dr. Budi Nurani, M.S.,beserta tim promotor yang terdiri dari guru besar Fisika Unpad, Prof. Dr. Bernard Y. Tumbelaka, M.Eng.Sc., dan guru besar Teknik Geologi Unpad, Prof. Dr. Ir. Adjat Sudradjat, M.Sc.

Saat itu hadir pula mantan rektor ITB periode 1997-2001, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Balai Litbang Kementerian Pertahanan RI, Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, M.Sc., Ph.D., Ketua KK Fisika Nuklir dan Biofisika ITB, Prof. Dr.Eng. Zaki Su’ud, M.Eng., dan staf ahli Menteri Riset dan Teknologi RI, bidang Energi dan Material Maju, Dr. Agus Rusyana Hoetman, M.Eng. Ketiganya hadir sebagai tim oponen ahli pada sidang tersebut. Sementara guru besar FMIPA Unpad, Prof. Dr. O. Suprijana, M.Sc., hadir selaku representasi guru besar.

Pada kesempatan tersebut, kegiatan Ujian Naskah Disertasi atau Sidang Tertutup ini berlangsung secara online dan real time dengan menggunakan teknologi video conferenceyang  difasilitasi oleh Dcistem Unpad. Dengan teknologi tersebut, Prof. Dr. Taufik yang berada di Amerika  dapat mengikuti kegiatan Sidang Tertutup ini secara langsung dan dapat  berinteraksi dengan pimpinan sidang, Tim Promotor, Oponen Ahli, Representasi  Guru Besar, dan Promovendus.

Dalam sidang tertutup tersebut, Mohammad Taufik mempertahankan disertasinya yang berjudul “Optimalisasi Daya dengan Stabilisasi Tegangan pada Pemodelan Pembangkit Listrik Nano Hidro”. Penelitian ini berhasil membuat inovasi Pembangkit Listrik Nano Hidro (PLNH).

Ia menjelaskan bahwa PLNH adalah pembangkit listrik yang bekerja dengan memanfaatkan aliran  sungai langsung (run-of-river), berbentuk Portable, yang tidak memerlukan waduk/dam/bendungan (no dam), tidak memerlukan ketinggian jatuh air (no head),  beroperasi dengan debit sungai yang kecil dan berubah-ubah (low debit), tidak  memerlukan jaringan transmisi (no transmision), lebih efisien (low cost and low  investment), dan mudah dioperasikan (easy operating). PLNH ini beroperasi  menggunakan jenis turbin air yang baru yang merupakan hasil rancangan.

PLNH ini mampu menghasilkan daya rata-rata sebesar 110 Watt dengan  tegangan AC yang stabil sebesar 120 Volt, pada debit air sungai rata-rata sebesar  4 liter per detik. PLNH ini merupakan solusi terhadap pemenuhan kebutuhan listrik bagi  masyarakat pedesaan dan daerah terpencil sehingga dapat meningkatkan  kesejahteraan masyarakat dan mendorong tumbuh kembangnya industri mikro  dan kecil. Selain itu, PLNH ini memberikan kontribusi dalam memenuhi  kebutuhan listrik nasional sebesar 11 % untuk keperluan rumah tangga.

Menanggapi penggunaan teknologi video conference tersebut, Mohammad Taufik, yang ditemui usai sidang mengatakan bahwa implementasi teknologi video conference pada kegiatan semacam ini diharapkan semakin dapat mengkokohkan  keinginan Unpad menjadi universitas kelas dunia. (unpad)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: