Bimbingan Belajar “Super Motivasi” Unpad Dorong Peningkatan Kualitas SDM

12 04 2012

 Program bimbingan belajar gratis bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pelajar kelas XII di wilayah Jatinangor, “Super Motivasi”, resmi dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti yang mewakili Rektor Unpad, Senin (25/05) di Aula Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS), Jatinangor. Kegiatan yang merupakan bagian dari social responsibility Unpad itu dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi, ST., Camat Jatinangor, Pujianto, B.A., Ketua Karang Taruna Kecamatan Jatinangor, Agus Purwanto, dan sekira 88 pelajar SMA.

Foto bersama peserta "Super Motivasi", pihak Unpad, Camat Jatinangor, dan perwakilan DPRD Sumedang (Foto: Dadan T.)

Foto bersama peserta “Super Motivasi”, pihak Unpad, Camat Jatinangor, dan perwakilan DPRD Sumedang (Foto: Dadan T.)

Dalam sambutannya Prof. Husein mengatakan kepada peserta program “Super Motivasi” bahwa kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Hal ini mengingat ketatnya persaingan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Tahun lalu lebih dari 50 ribu peserta ujian mendaftar ke Unpad dan hanya sekira 3.800 orang yang lolos atau hanya tujuh hingga delapan persen. Itu artinya persaingan masuk PTN saat ini sangat ketat,” ujar Prof. Husein.

Ia menambahkan, peserta “Super Motivasi” sebaiknya tidak memaksakan diri memilih program studi yang sangat ketat persaingannya hanya karena gengsi. Dalam memilih program studi, peserta juga perlu memperhitungkan kemampuan yang dimilikinya dengan memilih program studi yang lebih longgar persaingannya namun tetap sesuai dengan minat yang ada dalam dirinya.

Sementara itu Camat Jatinangor, Pujianto, B.A. menyampaikan ucapan terima kasihnya atas upaya Unpad dalam peningkatan kualitas pendidikan pelajar SMA yang bertempat tinggal di kawasan Jatinangor. Ia mengharapkan bahwa melalui program ini dapat melahirkan para intelektual dari Jatinangor, khususnya di bidang pertanian, peternakan, kesenian, dan lain-lain.

PR I Unpad memberikan kepada salah satu peserta sebagai simbolisasi dimulainya kegiatan "Super Motivasi" (Foto: Dadan T.)

PR I Unpad memberikan buku kepada salah satu peserta sebagai simbolisasi dimulainya kegiatan “Super Motivasi” (Foto: Dadan T.)

Anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Dudi Supardi, ST. mengatakan bahwa program “Super Motivasi” cukup menjawab kebutuhan dalam meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Jatinangor. Apalagi, tambah Dudi, Wakil Bupati Sumedang telah memberikan respon positif terhadap program ini. Namun, ia menyayangkan turunnya peserta program ini dari tahun-tahun sebelumnya. “Masalah ekonomi masih membebani masyarakat Jatinangor, sehingga kebanyakan dari mereka memilih langsung bekerja setelah lulus SMA ketimbang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ungkap Dudi.

Menurut Ketua Pelaksana “Super Motivasi”, Ace T. Hidayat, M.Si., MM., pelaksanaan program bimbingan belajar gratis tahun ini akan dilakukan dengan lebih ketat sehingga setiap peserta mengikuti secara penuh program ini. Ace menginginkan jumlah peserta pada awal program dapat bertahan hingga berakhir pada 27 Juni mendatang. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpad yang bertugas sebagai kakak pembimbing peserta.

“Pada awal pelaksanaan program ini dari 100 peserta yang ada hanya 60 orang yang mengikuti hingga akhir. Tahun lalu peserta yang ikut hingga akhir hanya 65 orang. Nah, tahun ini kami ingin semua peserta dapat mengikuti program ini hingga tuntas. Dari hasil evaluasi, mereka yang lulus seleksi adalah peserta yang serius dengan datang setiap hari dan mau mengikuti petunjuk pembimbing dalam memilih fakultas yang sesuai dengan kemampuan mereka,” ujar Ace.

Peserta “Super Motivasi” asal SMA Al-Jawami, Aning Karwati menyambut baik kegiatan ini. Ia yang bercita-cita dapat lolos ke Fakultas Ilmu Komunikasi atau Fakultas Ekonomi Unpad ini berharap dapat ikut termotivasi dalam belajar. Tak jauh berbeda dengan Aning, peserta asal SMA Negeri 1 Jatinangor, Erik Setiawan mengaku akan menggunakan kesempatan tersebut untuk berjuang agar lolos menjadi mahasiswa Unpad. (unpad.ac.id)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: