Mahasiswa Telat Lulus, Kena Tarif Progresif

10 08 2012

Universitas Padjajaran (Unpad) terlihat serius dalam menekan mahasiswa para angkatan ‘tua’ atau yang kuliahnya lebih dari empat tahun untuk segera lulus. Pasalnya, pihak Unpad memberikan ancaman bagi mereka dengan menggunakan tarif progresif.

“Diharapkan mahasiswa Unpad memperhatikan batas waktu studi. Perlu diketahui, bahwa jika seorang mahasiswa tidak dapat menyelesaian waktu studi terjadwal misalnya delapan semester untuk S1. Maka memasuki semester sembilan akan dikenakan tarif progresif. Hal yang sama juga berlaku pula untuk strata-strata yang lainnya,” kata Rektor Unpad, Ganjar Kurnia saat ditemui wartawan di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (2/8/2012).

Ganjar mengatakan, sebaiknya para mahasiswa harus melakukan registrasi pada tiap semester sesuai waktu yang telah ditentukan. “Jika dalam dua semester, baik berturut-turut maupun tidak, tidak melakukan registrasi, maka dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa Unpad. Hal itu juga sudah tertera dalam surat yang ditandatangani Saudara mengenai peraturan universitas,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun INILAH.COM, tarif progresif tersebut berupa pemberlakuan sumbangan pembinaan pendidikan progresif (SPP progresif). Yang pada pembayarannya SPP dinaikkan sebesar 15% bagi mahasiswa angkatan ‘tua’.

Selain itu, pemberlakuan tarif progresif adalah ide dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang disampaikan pada perguruan tinggi. Meski begitu, ide tersebut tidak bersifat mutlak melainkan pemberlakuan SPP progresif adalah hak preogatif PT.(tan). (inilahjabar.com)

 

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: