Unpad Bagikan 21 Ton Beras kepada Masyarakat Sekitar Kampus dan Panti Asuhan

16 08 2012

Jelang lebaran, Unpad menyerahkan sumbangan beras sebanyak 21 ton lebih atau 4.120 kantung beras yang berhasil dikumpulkan dari sekitar 9.000 Mahasiswa Baru pada saat prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Stadion Jati Padjadjaran, 1 Agustus 2012 lalu, kepada petugas Ketertiban, Keindahan, dan Kenyamanan Lingkungan (K3L) dan masyarakat di sekitar kampus.

Unpad menyalurkan beras sumbangan mahasiswa baru 2012 kepada warga masyarakat yang membutuhkan di sekitar kampus (Foto: Indra Nugraha)*

Senin (13/08) kemarin, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pakuan, sekitar 800 kantung lebih beras yang masing-masing seberat 5 Kg telah dibagikan oleh Panitia Bakti Sosial PMB Unpad para pegawai K3L yang biasa bekerja di lingkungan Unpad. Selain para pegawai K3L, kemarin beras tersebut juga dibagikan kepada para supir angkutan gratis Unpad, serta para sejumlah karyawan kontrak di lingkungan kampus Unpad.

“Hari ini Kita akan mendistribusikan beras sekitar 5 ton untuk Badan Amil Zakat  (BAZ) daerah kecamatan Jatinangor. Selain itu kita juga bagikan kepada beberapa yayasan dan panti asuhan,” ujar Drs. Wahyu Alamsyah, MS. Ketua Bidang Bakti Sosial PMB 2012-2013 ketika berhasil ditemui di Ruang UPT Humas Unpad, Jatinangor.

Selain diperuntukkan untuk masyarakat  sekitar kampus Unpad Jatinangor dan Unpad Dipati Ukur Bandung,  beras itu juga akan didistribusikan ke beberapa Yayasan dan Panti Asuhan yang telah menjadi binaan Dharma Wanita Unpad. Beberapa tempat lainnya juga akan mendapat jatah pembagian beras ini, seperti bagi warga di daerah Cimenyan.

“Sekitar 65 pak, atau 3,5 Kuintal kita juga bagikan di daerah Cimenyan. Daerah yang kini sedang mengalami kesulitan air,” tambah Wahyu.

Sementara itu ditemui sesaat setelah penurunan beras di salah satu gudang di desa Sayang, Lukman Nulhakim, Sekretaris Badan Amil Zakat daerah kecamatan Jatinangor mengucapkan syukur atas kepercayaan Unpad terhadap organisasinya.

“Terimakasih untuk Unpad atas bantuan beras bagi masyarakat dhuafa di daerah Jatinangor ini, dan insya Allah kami akan alokasikan kembali secara adil untuk masyarakat di semua desa di Jatinangor,” tuturnya.

Dengan adanya pembagian beras ini, Wahyu sendiri menuturkan bahwa ini merupakan salah satu bukti nyata kepedulian Unpad terhadap masyarakat dan para karyawan yang membutuhkan. Ia juga berharap hal ini dapat menjadi pemicu bagi kampus lainnya di sekitar kampus Jatinangor untuk melakukan hal serupa bagi masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan hal ini juga bisa diikuti oleh kampus lainnya yang ada di Jatinangor, untuk saling membantu dan saling berbagi dengan masyarakat . Dengan adanya pembagian beras ini, saya juga berharap keberadaan Unpad dapat dirasa oleh masyarakat sekitar Jatinangor,” harapnya.

Berkenaan dengan buku yang berhasil dikumpulkan pada saat prosesi PMB 2012-2013, wahyu juga menjelaskan bahwa  sekitar 24.000 buku yang bertema Teknologi, Pertanian dan Sosial tersebut akan didistribusikan setelah Idul Fitri ke beberapa perpustakaan daerah yang telah dibina oleh mahasiswa KKN dan LPPM Unpad.

Pembagian buku ini sendiri merupakan salah satu bentuk berbagi ilmu dengan masyarakat. “Dengan pembagian buku, kami berharap masyarakat dapat senang membaca dan menamabah ilmu pengetahuan mereka,” pungkas Wahyu. (unpad)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: